Monday, November 5, 2018

Feedback Linux SysAdmin Class Malang


Hallo teman-teman blogger, kembali lagi bersama saya blogger kece :) pada kesempatan kali ini saya mau berbagi pengalaman mengikuti kelas SysAdmin Fundamental pada tanggal 27-28 Oktober 2018.  acara ini disposori oleh DOT dan CloudKilat dan pematerinya yang gak lebih kece dari saya bapak Samsul Ma'arif. :D maaf pakk..

jadi sebelumnya kelas ini khusus untuk guru aktif di SMK nah waktu saya pertama kali lihat brosurnya saya langsung tertarik karna saya juga lagi aktif belajar SysAdmin, berhubung syaratnya GURU SMK jadi saya urungkan niat untuk mendaftar hehehehe.. tamat.

wkkwkwkw becanda gaes. :D 
kembali ke cerita, selang beberapa hari saat saya sedang kuliah teman sekelas saya mendapat info kalau kelasnya dibuka kembali untuk umum dengan slot terbatas, dengan semangat yang menggebu-gebu, saya niatkan untuk menghubungi pak samsul ma'arif perihal pendaftaran. singkat cerita akhirnya saya dan teman saya berhasil terdaftar sebagai peserta pelatihan tersebut.

langsung ke hari ke-1 pelatihan .
kelas dimulai jam 8 pagi di awali dengan perkenalan, pertama pak samsul langsung menjelaskan tentang materi materi yang akan kami terima di hari ke-1 dan ke-2

untuk materi hari ke-1 adalah :

1. Berkenalan dengan GNU/Linux
Peserta diberikan pemahaman tentang sistem operasi linux dan perintah perintah dasar yang akan sering dipakai pada saat pelatihan.

2. Instalasi CentOS Server
Pak samsul memberikan sedikit demo tentang cara instalasi CentOS pada Virtualbox, karena saat pelatihan menggunakan VPS jadi instalasi tidak terlalu didetailkan.

3. Setup Remote SSH
pada materi ini pak samsul memberikan penjelasan tentang bagaimana cara untuk melakukan remote SSH dari PC ke server baik secara local ataupun menggunakan VPS. konfigurasi yang dilakukan antara lain generate public key (RSA) dari pc kita lalu public key yang sudah dibuat di copy-kan ke server kita.

 
###Generate Pub-Key 
root@serv~# ssh-keygen 
...................
###Copy Pub-Key ke server
root@serv~# ssh-copy-id -i ~/.ssh/id_rsa.pub root@[ip_host]

hal ini digunakan untuk melakukan remote SSH tanpa perlu menginputkan password lagi.

4. Setup Web Server
materi selanjutnya adalah instalasi webserver. webserver yang digunakan adalah Ngin-X.


untuk hari pertama kelas berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.
lanjut hari ke - 2

materi selanjutnya yang kami terima adalah:

1. Konfigurasi Moodle dan Ngin-X
pada materi ini kita diajarkan tentang bagaimana cara untuk mendeploy aplikasi moodle dengan menggunakan webserver manajemen hak akses pada direktori. tiap tiap peserta diberikan sub domain oleh pak samsul untuk melakukan uji coba aplikasi tersebut.

2. Konfigurasi MariaDB
Selanjutnya pak samsul memberi instruksi tentang cara instalasi dan konfigurasi mariaDB agar bisa sinkron dengan moodle.

3. Install SSL Certificate menggunakan Let's Encrypt
Setelah moodle berhasil di deploy dan sudah bisa di akses dengan baik, pak samsul memberikan cara untuk menambahkan sertifikat SSL pada webserver agar bisa di akses melalui HTTPS. SSL yang di pakai bersumber dari Let's Encrypt.

4. Automation Update SSL Cert
Setelah sertifikat berhasil dibuat dan diimplementasi pada webserver, ternyata sertifikat tersebut hanya berlaku selama 3 bulan, dan kita harus melakukan update untuk memperbaruinya. nah, pak samsul memberikan cara agar kita bisa melakukan update secara otomatis dengan menggunakan script automation.

nah.. kira kira begitu garis besar pelatihan SysAdmin Class Malang, secara menyeluruh pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya karna bisa menambah wawasan tentang SysAdmin, berhubung saya juga lagi giat mempelajari hal ini..

saya berterimakasih kepada pak samsul dan panitia serta sponsor yang telah mendukung dan mengadakan acara keren ini, kedepannya diharapkan ada pelatihan serupa dengan materi yang lebih keren lagi :D

Sekian Dulu, Admin kece out..

  

Sponsored By:

0 comments

Post a Comment